Tanggal Hari Ini : 23 Aug 2014 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Rubrik : Bisnis dari Rumah
Kamis, 12 Mei 2011 22:56 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Dari Rumah

Bisnis Tetap Bergulir

Anda bosan dengan kemacetan jalanan? Malas keluar rumah karena memiliki anak-anak yang perlu bimbingan anda di rumah, atau  anda memang ingin benar-benar menjalankan bisnis dari rumah? Kini solusinya sangat banyak dan luas. Seorang ibu rumah tangga, sembari ‘momong anak’ mampu menjadi penulis hebat, dan menjadi kontributor dari berbagai website yang kini banyak membutuhkan penulis-penulis freelance, juga bisnis online yang dapat dijalankan dalam ruang kamar anda. Mereka sukses tanpa modal yang besar, dan hasilnya tak kalah dengan bisnis besar lainnya.

Fransiska, adalah salah seorang ‘penjual’ produk fashion melalui online yang tak harus keluar rumah, meskipun hanya untuk mengantar produknya. Semuanya dijalankan secara sistematis dan bekerjasama dengan pihak lain. Namun  purchasing order Fransiska kepada produsen fashion yang kian hari kian bertambah tanpa memiliki toko fashion menandakan prospek berjualan secara online sangat prospektif dimasa mendatang.

Namun bagi anda yang tidak dapat menjual produk secara online karena berbagai keterbatasan, maka rumah tetap menjadi alternatif ‘base camp’ bisnis yang tetap menyenangkan. Siti Nurhidayah asal Bojonegoro menggunakan rumahnya sebagai sentra produksi pembuatan  tshirt unik yang didistribusikan ke berbagai lokasi di Indonesia.

Usaha home industri ini selain mampu menyerap tenaga kerja yang berasal dari tetangga sekelilingnya juga dapat menghemat berbagai biaya. Salah satunya adalah menghemat biaya kontrak tempat usaha, biaya transport dan biaya-biaya lainnya, seperti yang dilakukan Siti Nurhidayah, pengusaha asal Bojonegoro pemilik Zahida Collection ini.

Yuni, mahasiswa Program Pasca Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Udaya Denpasar, Bali juga memanfaatkan rumahnya untuk digunakan sebagai usaha, lantai 1 digunakan untuk usaha laundry kiloan, dan lantai 2 digunakan untuk kegiatan bimbingan belajar. Dengan cara ini ia dapat memaksimalkan pemasukan/penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan biaya lainnya. Kuliahpun lancar karena mendapatkan penghasilan yang diperoleh dengan memnafaatkan rumahnya.

 

Cari Bisnis yang Simple

            Bisnis apa yang tepat dilakukan di rumah? Sejumlah narasumber mengungkapkan banyak ragam bisnis yang dapat dilakukan di rumah, bahkan dari rumah yang berada di gang sekalipun. Haryoko dan istri, di Jakarta Selatan misalnya, adalah produsen aneka kue yang mensuplai produknya ke berbagai toko kue di Jakarta Selatan. Ia memanfaatkan rumahnya yang luas untuk  kegiatan pembuatan kue yang melibatkan saudara-saudara dan tetangganya. Pada saat-saat tertentu ia dapat menerima pesanan pembuatan kue dalam jumlah banyak, dan ia dengan mudah merekrut tenaga lepas untuk membantu menyelasaikan pekerjaan dari tetangga terdekat.

            Irwan membuka gerai distro justru berada di rumahnya yang berada di tengah-tengah lokasi kawasan perumahan di kompleksnya. Meski pihak pengembang melarang rumah di kompleksnya digunakan sebagai tempat usaha, namun pandai-pandainya Irwan bersiasat membangun usaha distro tersebut di rumahnya. Toh, kegiatan usahanya tidak menganggu lingkungan.

            Cikal bakal bisnis dapat anda lakukan dari rumah, dari garasi rumah, atau dari halaman rumah anda sendiri. Dengan cara itu anda dapat meminimalisasi risiko-risiko, dan dapat mengoptimalkan biaya-biaya yang sebelumnya ‘cukup berat’ untuk dibiayakan, misalnya biaya sewa kantor, biaya transportasi, biaya listrik, dan biaya lainnya.

 

Kurang Nyaman, Biarlah

            Meski banyak orang yang menolak dan mengatakan bahwa memulai bisnis dari rumah kurang nyaman dan dapat menganggu susana kehidupan keluarga, namun nyatanya banyak orang yang memilih membeli atau menyewa ruko (rumah toko), lantai 1 untuk usaha dan di lantai 2 untuk kegiatan usaha, ini menandakan bahwa pada saat-saat awal memulai usaha anda harus jeli memanfaatkan semua potensi yang anda miliki, termasuk potensi rumah anda untuk segera mulai berbisnis. Tentu ada harga yang harus anda bayar, hilangnya kenyamanan. Tetapi jika usaha sudah berjalan, dan anda dapat memetakan bisnis secara tepat, mencari lokasi usaha yang lebih nyaman itu hanya soal pilihan. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari