Tanggal Hari Ini : 19 Apr 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
CSR (Seharusnya) Berkelanjutan
Kamis, 03 Mei 2012 17:07 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Indonesia Business Links (IBL), adalah organisasi nirlaba yang bergerak dengan misi mempromosikan corporate social responsibility (SCR), praktek bisnis yang beretika, dan kemitraan untuk pembangunan. Organisasi ini dibentuk pada tahun 2001 lalu dan kini telah didukung lebih dari 55 perusahaan lokal dan asing sebagai mitra perusahaan serta beberapa donor internasional.

Akhir September 2010 lalu, IBL mengadakan konferensi internasional tentang CSR yang diikuti oleh 60 pembicara dari berbagai sektor, dengan delegasi lebih dari 300 orang peserta. Konferensi kali ini mengangkat tema Building Multi Sector Partnerships for Sustainable Development  untuk memperlihatkan peranan CSR untuk mencapai keberlanjutan sebuah entitas bisnis dalam bidang ekonomi, sosial dan lingkungan.

Direktur Eksekutif IBL, Yanti Triwadiantini Koestoer, kepada wartawan di Jakarta mempertegas arti pentingnya CSR bagi sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan secara berkelanjutan. Karena itu, lanjut Yanti, konferensi tentang CSR ini menjadi sangat penting dan diharapkan menghasilkan rekomendasi dan kajian-kajian baru yang semakin memperjelas peta CSR dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.“Kerjasama antar pemerintah, swasta dan lembaga swadaya masyarakat mutlak dilaksanakan,” ujarnya.

Menurut Yanti, ada pemahaman yang keliru tentang CSR, yaitu CSR dianggap hanya sebagai kegiatan donasi uang kepada masyarakat tertentu, padahal kegiatan CSR lebih luas dari itu.  Programnya harus berkelanjutan untuk memastikan bahwa terjadi penguatan pembangunan yang sinergi dan berkelanjutan.

Salah satu sisi kegiatan CSR  yang saat ini belum memperoleh perhatian entitas bisnis adalah,  tatakelola perusahaan dan transparansi pengelolaan perusahaan, keterlibatan dalam pembangunan ekonomi lokal, pengembangan sumberdaya manusia setempat, perlindungan lingkungan, pencegahan konflik dan pengurangan risiko bencana.

Sebagai organisasi nirlaba yang mempromosikan CSR, IBL telah mengadakan berbagai kegiatan diantaranya program kewirausahaan bagi anak muda seperti Young Entrepreneur Startup, program pengembangan etika bisnis, penyusunan code of conduct bagi UKM, program CSR for Better, dan program lainnya.

Hak  Mengejar Laba

Kewajiban Berbagi Keuantungan

Di Indonesia implementasi CSR sangat beragam. Sebagaian lain program CSR dianggap sebagai respons dan instrumen untuk mengompromikan kepentingan bisnis kepada publik, dan sebagian lain adalah bagian dari akomodasi kepentingan sosial, publik dan lingkungan. Ada juga yang beranggapan program CSR tidak boleh dilepaskan dari bisnis inti, yang harus (tetap) menguntungkan perusahaan. Kita dapat melihat bentuk-bentuk implementasi CSR dari berbagai perusahaan tersebut berdasarkan definisi masing-masing perusahaan. 

Tetapi, yang terpenting adalah program CSR haruslah kegiatan yang tidak karikatif, tetapi benar-benar didedikasikan kepada aktivitas-aktivitas di bidang community development. Toh pada akhirnya, CSR yang baik dan bermanfaat akan memberikan feedback yang juga sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena program CSR bukan cost, tetapi investasi.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari