Tanggal Hari Ini : 22 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Franchise, Lisensi atau BO?
Rabu, 07 Juni 2017 02:35 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Franchise, Lisensi atau BO, Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)Apapun pilihannya untuk mengembangkan bisnis, semua ada polanya. Jika mengembangkan bisnis secara franchise anda wajib memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STWP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan.
Jika usaha tersebut tidak mempunyai STPW, tetapi mempunyai sertifikat merek sebagai bukti Hak Kekayaan Intelektual (HaKI), anda dapat mengembangkan usaha dengan cara menjual lisensi. Jika tidak mempunyai keduanya, usaha itu dianggap business opportunity (BO).
Sebuah perusahaan yang dikembangkan secara franchise harus memiliki ciri khas usaha atau keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru oleh usaha lain sejenis, dan konsumen selalu mencari ciri khas yang dimaksud. Misalnya, sistem manajemen, cara penjualan dan pelayanan, atau penataan atau cara distribusi yang merupakan karakteristik khusus pemberi waralaba.
Tetapi yang terpenting, usaha yang dikembangkan secara franchise harus terbukti memberikan keuntungan. Hal ini didukung dengan usaha itu sudah berjalan selama lima tahun dan didukung dengan laporan keuangan, memiliki standar atas pelayanan barang dan jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis, mudah diajarkan dan diaplikasikan. Adanya dukungan yang berkesinambungan, penerima waralaba (franchise) dibantu dan dibimbing sehingga dapat menjalankan usaha sama dengan standar yang disepakati.
Saat ini banyak yang mengaku-ngaku mengembangkan bisnis dengan cara franchise padahal belum memiliki STWP, belum memiliki HaKI, belum teruji bisnisnya, dan belum teruji menghasilkan keuntungan.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari